Friday, April 16, 2010

2006 - 2010 (I) ; Terakhir untuk Mulai yang baru

Bismillah..

Kepada Blog ku yang ter-onggok disitu,
Maafkan si fariedz durhaka ini meninggalkanmu sekian waktu. Bukan Maksut hati melupakanmu,bukan pula bosan. Tapi Hidupku punya sendiri.
Jika tidak keberatan, sudikah kamu mendengarkan perjalananku yang berwarna ini.
Daripada bikin biografi yang biayanya mahal, lagian sapa juga yang mau beli Biografi si faried, mending aku tulis disini.

Kembali ke Maret 2006

Itulah bulan terakhirku di Spiderweb, wuih berat dan penuh emosional saat2 itu. Bukan saja Mas Anton,mas deon dan mas ughi, tapi bagi teman2 yang sering disana. Aku merasa "..tempat kerja yang penuh kebersamaan ini kok begini akhirnya?? Ga Happy Ending..."
Meja operator warna biru item.monitor usang.speaker cempreng.. kursi operator yang kadang sandarannya lepas kalo terlalu ditekan.brangkas uang setoran (yang jarang berisi uang lebih dari 300rb).. wartel.. 10 set komputer pentium 3 dgn windows 98nya buat browsing.. 10 set komputer pentium 4 dengan windows XPnya buat main game.. ruang pojok buat tidur... etalase rokok.. kotak jualan snack.. dispenser yang kadang panas kandang engga.
semua itu gambaran sederhana dari sebuah SPIDERWEB, warnet gelombang pertama di Kota Malang, dijalan Kawi,deket Stadion Gajayana.
Kuning,Biru dan Hitam, warna dominan disana..
Tidak usah lama-lama lagi aku mulai mencari apa yang harus kekerjakan setelah itu..
Saat di Spiderweb, aku juga lagi ada usaha kecil2an nyablon stiker yang aku sablon sendiri dan aku jual dipasar pagi stadion Gajayana bersama Yunus, adikku. Mungkin saat ini udah digeser tempatnya di sekitar jalan ijen gereja ( kalo tidak salah).
Teringat jam 4 setelah sholat subuh,berkemas dengan stiker2 ku yang kutata rapi dikotak hijau. Jualanku adalah selain stiker, ada emblem,pin dan kaos bola, dimana aku beli saat berkunjung ke jakarta.
Diluar stadion, tepatnya pinggir jalan tenes,depan bakso tenes, pagi buta, udah mulai menata daerah jualanku,pake tiker plastik/koran bekas dan potongan karpet biru(bekas kamar tidur) aku gelar. sebelahku biasanya ada pasutri muda jualan apel batu, sebelah lagi ada jualan cilok, kadang ada orang baru, entah juala barang2 rumah tangga. Cukup bayar 500 perak buat retribusi bagi yang berjualan diluar 'Asli' Pasar Minggunya, mungkin didalam bisa 2000. JIka semua sudah siap, aku mulai menawarkan barangku.. kebanyakan anak muda yang beli, Harga stikerku cuman 500-1000 rupiah saja.. jika beli banyak aku kasih bonus,klo pin ama emblem 2000,ya belinya aja dijakarta,masak tega ..
Aku disitu hanya sampai jam 10an,bukan karena udah sepi, tapi karena aku jualan tanpa atap,jadi puanassss.. sesekali bawa payung(pinjeman tambun,tapi ilang waktu pulangnya,ketinggalan ato apa.. sori mbun, klo ada rejeki aku ganti ya... :)) Kalo saat jualan kadang ditemeni anak2.. duduk di rumput, sarapan cilok bareng.. saat itu aku berpikir/terharu. woii aku punya teman yang mau nemeni jualan stiker murah 500 an.. what a friend??? :) ga disaat seneng aja mereka ada, disaat susah banget dapat uang, mereka juga ada.. khusus stiker Mellowdics(--next story--)) aku bagiin ke mereka dengan gratisss...
Dalam sekali Jualan aku dapat total bruto penjualan 15rb-20rb, itu udah dipotong beli cilok sebelah buat sarapan, minum bawa dari rumah, juga ongkos pulang..
1bulan,2bulan,3bulan.. ga berasa jualanku nambah,bukan lagi kotak kecil yang aku bawa tapi tas olahragavgede(punya yunus) , karena yunus udah kerja di warnet Gamezone,dia tidak lagi nemeniku jualan, toh aku masih bisa pinjem sepeda gunugnya buat jualan, klo udah jam 10 dia mampir ketempat jualan dan bawa sepedanya... satu kali ada mba Nanik(adik bapak) nawarin bawa motor tuanya Honda 76, tanpa STNK, ya syukur Alahamdulillah, lumayan buat jualan dan transport kesana kesini... tapi bensin campur solarnya itu lho yang agak mikir akunya,sedikit boros emang tapi ya dinikmatin aja..
""
ada suatu cerita ama motor itu,suatu ketika didekat pasar besar,setelah aku beli bahan2 buat sablon, ada razia ( mampus aku...) secara ga ada stnk( ada juga stnk lama), aku distop ama polisi.. aku kasih aja tuh stnk, dia perhatiin.. emang udah nasib, dibawah lah tuh stnk,wah aku mikir bukan soal stnk,tapi gimana bawa motornya tanpa bayar,apalah tanggung jawabku sama mba nanik, klo inget pesennya suaminya".. klo kena razia, ga bakalan mau tuh polisi ried., Nyatanya sekarang Polisinya lagi butuh, yo wes aku pikir dulu sebentar).. saat itu ada puluhan pengemudi motor yang kena razia, aku perhatiin satu-satu, ada yang langsung bayar,ada yang bingung, ada yang sibuk nelpon bapaknya.. ada yang menarik satu dan aku akhirnya ngikutin dia, Dia bilang ke polisi yang jadi kasir " pak aku ambil uang dulu," langsung di nylonong, saat mo naik motor ditanya,mo kemana, udah selesei jawabnya..
 Wah ide neh... aku ngikutin apa yang dia lakuin, lancar lah saat di polisi kasir.. tapi saat mo bawa motor dan aku starter.. kok ga nyala2???? walopun emang susah nyala klo pagi, tapi ini kayak ga ada listrik.. kutengok lah itu busi motor.. waduh ga ada.. dan karet businya kayak dipotong paksa ama pisau kayaknya... tolah toleh kayak orang bego, aku seret tuh motor, biarin busi diambil yang penting motor bisa dibawa pulang, untung didompet ada uang 7000, setelah jauh dari zona razia, sekitar 200 meter, ketemu bengkel.. aku tanya berapa harga busi ama karetnya, cuman 5500.. wah selamet aku, ga usah nyeret ke rumah aku... pengalaman ini ga aku lupain,adalah masuk kategori unik,lucu dan menyedihkan..
""